animasi

Selasa, 27 September 2022

PEMBELAJARAN PWPB

MATERI PWPB KELAS XI



Konsep-konsep dan teknologi Web

Website adalah kumpulan dari halaman - halaman situs, yang terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web ( WWW )di Internet.
Website sebenarnya hanya berupa dokumen, yang ditulis dalam bentuk plain text tersusun dari bahasa Markup yaitu Hypertext Markup Language (HTML).
Sebuah halaman website biasanya diakses menggunakan alamat, seperti www.google.com, yang biasa disebut Uniform Resource Locator (URL) atau alamat website. World Wide Web (WWW) pertama kali dibuat pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee.
Situs web dibedakan menjadi 2 yakni statis dan dinamis. Web statis adalah web yang menampilkan informasi-informasi yang sifatnya statis atau tetap. Kenapa statis ? Karena pengguna tidak dapat berinteraksi dengan situs tersebut.
Web dinamis adalah web yang memungkinkan penggunan untuk dapat berinteraksi dengan form sehingga dapat mengolah informasi-informasi yang ditampilkan. Web ini tidak terlihat kaku, tampilan terlihat lebih indah.

Cara Kerja Website

Cara kerja website dapat dilihat melalu gambar berikut :
USER/pengguna yang akan mengakses suatu website berupa URL melalui WEB BROWSER (yaitu media untuk menuju URL yang diakses), 
WEB BROWSER tersebut mengirimkan permintaan/ request berupa HTTP REQUEST kepada WEB SERVER melalui layer-layer TCP/IP, 
WEB SERVER memberikan WEB FILES yang di-request jika ada.
WEB FILES yang telah diberikan tadi tidak langsung ditampilkan/di-display begitusaja, namun WEB SERVER memberikan respon kembali ke WEB BROWSER melalui HTTP RESPONSE yang juga melalui layer-layer TCP/IP, 
WEB BROWSER, dan kemudian dikirimkan kepada USER berupa DISPLAY.

Domain

Nama domain atau biasa disebut dengan Domain Name atau URL adalah alamat unik di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website, atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website pada dunia internet.Untuk nama/alamat situs, salah satu format standar nama yang digunakan adalah sebagai berikut : 
nama-protokol:/nama-host/path/nama-file
nama-protokol misalnya http, ftp.
nama-host misalnya www.tegararian.blogspot.com
path = nama lengkap jalur ke file, misalnya: prg
nama-file misalnya tugas.doc
Contoh nama domain ber-ekstensi lokasi Negara Indonesia adalah :
.co.id : Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah
ac.id : Untuk Lembaga Pendidikan
go.id : Khusus untuk Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia
.mil.id : Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia
.or.id : Untuk segala macam organisasi yand tidak termasuk dalam kategori “ac.id”,”co.id”,”go.id”,”mil.id” dan lain lain
.war.net.id : untuk industri warung internet di Indonesia

Hypertext Markup Language (HTML)

Hypertext Markup Language (HTML) merupakan bahasa pemrograman di Web. Mendesain HTML berarti melakukan suatu tindakan pemrograman. Namun HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman. Namun
HTML hanyalah berisi perintah-perintah yang telah terstruktur berupa tag-tag penyusun. Menuliskan tag-tag HTML tidaklah sebatas hanya memasukkan perintah-perintah tertentu agar HTML kita dapat di akses oleh browser.

Contoh Markup HTML :
 <!DOCTYPE html>
<html>
  <head>
    <title>This is a title</title>
  </head>
  <body>
    <p>Hello world!</p>
  </body>
</html>

Web Browser

 Untuk mengakses, membuka serta menikmati layanan WWW, kita menggunakan aplikasi yang bernama Web Browser. Contoh web browser yang sering digunanakan : Firefox, Internet Explorer, Google Chrome, Opera, and Safari

Bandiwdth

Bandwidth adalah besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network. Lebar pita atau kapasitas saluran informasi. Kemampuan maksimum dari suatu alat untuk menyalurkan informasi dalam satuan waktu detik.

Pengertian Bandwidth Dalam Ilmu Komputer adalah jumlah pemakauan data dalam sebuah transmisi atau pengiriman data telekomunikasi. Di sini bandwidth juga dihitung sebagai bitrate.

Software Editor HTML

Untuk membuat serta melakukan editing terhadap HTML, maka perlu HTML editor. Banyak sekali HTML Editor yang dapat digunakan untuk membuat dan edit HTML, berikut daftarnya :
Front Page
Adobe Dreamweaver
Notepad
Notepad++
PENGERTIAN LOGIKA DAN ALGORITMA KOMPUTER


LOGIKA
Diperkenalkan pertama kali oleh Aristoteles (384-322 SM)


Ada empat kegunaan logika :
1. Membantu setiap orang yang mempelajari logika untuk berpikir secara rasional, kritis, lurus, tepat, tertib, metodis, dan koheren.
2. Meningkatkan kemampuan berpikir secara abstrak, cermat, dan objektif.
3. Menambah kecerdasa dan meningkatkan kemampuan berpikir secara tajam dan mandiri.
4. Meningkatkan cinta akan keberanian dan menghindari kekeliruan kesesatan.


ALGORITMA
Diperkenalkan Oleh Ahli Matematika : Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi. Seorang ilmuan Persia yang menulis kitab al jabr w’al muqabala (rules of restoration and reduction) sekitar tahun 825 M
Definisi Logika
1. penalaran atau bentuk pemikiran.
2. ilmu yang memberikan prinsip-prinsip yang harus diikuti agar dapat berfikir valid menurut aturan yang berlaku.
Definisi Algoritma
1. Langkah – langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh.
2. Suatu prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yg berintegrasi.
3. Suatu m etode khusus yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah yang nyata.(Webster Dictionary)



Bentuk Dasar Algoritma
Algoritma sendiri mempunyai tiga 3 bentuk dasar, antara lain :
a. Algoritma Sekuensial (Sequence Algorithm)
Sequence algorithm atau algoritma sekuensial merupakan algoritma yang langkah-langkahnya secara urut dari awal hingga akhir. Bentuk dari algoritma sekuensial ini salah satu contohnya seperti algoritma memasak air. Langkah demi langkah yang dijalankan harus urut dari atas sampai bawah.
b. Algoritma Perulangan (Looping Algorithm)
Looping algorithm atau algoritma perulangan merupakan suatu algoritma yang menjalankan beberapa langkah tertentu secara berulang-ulang atau looping. Pada masalah yang kita hadapi, ada pula sebuah langkah yang harus kita lakukan secara berulang-ulang. Contoh dari algoritma looping ini adalah algoritma menjemur pakaian:
1) Siapkan jemuran.
2) Ambil satu pakaian yang nantinya akan dijemur.
3) Peras pakaian tersebut terlebih dahulu.
4) Letakkan pakaian tersebut pada tiang jemuran.
5) Ulangi langkah dari 2 sampai 4 hingga pakaian habis.
Dari algoritma di atas, dapat diketahui bahwa dari langkah 2 sampai 4 harus dilakukan secara berulang-ulang hingga pakaian habis.
c. Algoritma Percabangan atau Bersyarat (Conditional Algorithm)
Conditional algorithm atau algoritma bersyarat merupakan algoritma yang menjalankan langkah berikutnya apabila terdapat syarat yang sudah dapat dipenuhi. Berikut salah satu contoh dari algoritma bersyarat :
1) Siapkan panci.
2) Masukkan air secukupnya ke dalam panci.
3) tutup panci tersebut.
4) letakkan panci tersebut di atas kompor.
5) Hidupkan kompor.
6) Apabila air sudah mendidih, lalu matikan kompor.
7) Angkat panci tersebut dari kompor.

TAHAP PENYELESAIAN MASALAH


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

3.3 PWPB MATERI TABEL

  MODUL FORMAT TABEL, LIST, DAN SIMBO L A. Tujuan 1. Menentukan penerapan format tabel dalam web 2. Menentukan prosedur pembuatan tabel dala...